LAlapsambEL and the City

Catatan 2010

Posted on: December 31, 2010

Setiap ulang tahun, hal yang selalu gue ingat adalah akan segera berakhirnya tahun ini. Tentu saja, karena hari ulang tahun gue hanya berjarak 9 hari dari tahun baru. Kalau ngomongin tahun baru, biasanya orang-orang sibuk dengan resolusinya untuk menjadi lebih baik. Buat gue, tahun baru adalah penanda waktu yang berjalan. Apa yang sudah kita capai di tahun tersebut? Apa yang ingin kita raih di tahun depan? Jadi, yang penting di setiap tahun baru adalah tujuan. Karena tanpa tujuan, nggak bakal ada semangat untuk terus melakukan apa yang kita inginkan. Tapi kalo sudah ada tujuan, tentu kita ‘dipaksa’ mikir gimana cara mencapainya. Sebelum melantur lebih jauh dan karena gue suka banget bikin list (hehe), mari kita list hal-hal yang berhasil gw capai tahun ini / masih harus dicapai tahun depan:

  1. Love my job!
    Seperti yang kalian tahu, gue ‘nyebrang’ dari kuliah gw di IT ke pekerjaan gue di marketing / brand management sekarang. Gue memang tertarik dengan bidang ini, dan juga gue nggak merasa ‘passionate’ saat mengerjakan tugas-tugas kuliah gw dulu. Jadi, atas dasar ‘mencari passion’, masuklah gue ke tempat kerja sekarang. Ternyata, banyak hal-hal yang sangat menarik yang gue pelajari di sini, biarpun capek karena banyak banget yang musti dikerjain, hehe. Tapi, selama gue bisa menjalani hari dengan senang karena mengerjakan hal yang gue suka, ini sudah suatu pencapaian penting buat gue. Tentu masih banyak hal-hal yang harus gue perbaiki di cara kerja gue, di antaranya datang telat (>.<), nggak konsen, dan bingung sendiri. Harus bisa lebih baik lagi tahun depan! \(^o^)/
  2. Traveling
    Hal yang gue suka selain ‘mengejar target’ (dalam hal apapun ya, kan gue kompetitif, hehe), adalah traveling. Tahun ini, tempat-tempat yang berhasil gue kunjungi untuk adalah Bangkok (1st time!), Singapore (1st time to Merlion!), Pulau Tidung (1st time!), Waterbom & Snow Bay Jakarta (1st time! boleh dihitung rekreasi dong), kota tua Jakarta (1st time ke Museum BI & Museum Bank Mandiri!), Hong Kong & Macau (1st time!), Surabaya (1st day trip flight!), Palembang (1st time!), dan Makassar (1st time!).

    Trip ke Bangkok & Singapore itu adalah pertama kalinya gue independent traveling, alias mengatur jadwal dan bayar sendiri! Jadi, karena duit terbatas, selama ini gue selalu jadi business traveler, yaitu pergi ke suatu tempat dengan urusan tertentu, yang tentu dibayarin sama yang punya urusan, misalnya penyelenggara pertandingan. Kalau business traveling, tentu yang pertama disiapkan adalah ‘business’, bagian ‘traveling’ biasanya dipikirin belakangan. Nah, kalo independent traveling kan yang disiapin ya jalan-jalannya itu sendiri. Jadilah gue ketagihan searching2 tempat yang mau dikunjungi. Seruuu, di trip ini gue jalan bareng Arum, sahabat gue dari SD, dan berhasil ketemu Tan & Chatta, teman-teman Thai yang gue kenal pas AFS dulu.

    Trip ke Pulau Tidung adalah reuni bareng teman-teman IF 05. Seru banget jugaaa, sayang cuma weekend getaway, hehe. Gue nggak nyangka ada pantai sebagus itu ‘hanya’ beberapa km dari Jakarta!

    Trip ke Hong Kong & Macau adalah rencana ‘nekat’ membawa nyokap & ade gue independent traveling. Ternyata seru juga traveling bareng keluarga tanpa tour, bebas ngatur jadwal sendiri. Sebenernya, tadinya gue rada takut karena ini pertama kali gue ke Asia timur, tapi pas udah sampe sana, yang ada seneng aja, tuh.

    ‘Bonus’ traveling terakhir adalah tugas kantor gue mengunjungi Surabaya, Palembang, dan Makassar. Pas ke Surabaya & Palembang PP dalam sehari sih, jadi ‘cuma sempet’ menikmati keadaan & mengamati orang-orang di sana (salah satu tugas kantor gue adalah berkunjung ke pasar), plus wisata kuliner pas makan siang & beli oleh2. Kalo pas  ke Makassar, karena di akhir minggu, gue extend 1 malam dengan numpang di rumah Echa, juga ketemu Adi (dan istri), juga Dea, semuanya teman-teman AFS gue dulu, dan jalan-jalan dong.

    Oya, satu hal yang gue sadari saat gue traveling (independent) adalah: gue kangen kerja! Gue bersyukur punya pekerjaan yang gue suka, jadi sepulang traveling, gue bukan sedih karena harus kembali bekerja, tapi justru punya semangat baru! Wouldn’t it be the best feeling?! ;)Hal-hal lain yang berhubungan dengan traveling, adalah belum tercapainya keinginan gue untuk rafting (belom pernah!) dan ngambil diving course, semoga tahun depan bisa! Yang sudah tercapai lainnya, adalah punya kamera waterproof! Penting banget tuh buat ke pantai / waterpark, hehehe..
  3. Financial
    Gue berhasil punya tabungan! Gue pernah nulis di sini kalo gue tuh susah banget nabung. Setelah rajin mantengin dan belajar dari Ligwina Hananto & Safir Senduk, akhirnya saat ini gue berhasil punya tabungan & investasi. Hal ini berbeda jauh dari akhir tahun lalu, saat tabungan gue nyaris kosong, padahal gaji  datang tiap bulan. Ternyata, kalo buat gue, kuncinya adalah punya target, dan menghitung gimana biar bisa mencapai target tersebut, dengan realistis tentunya. Selain itu, gue juga sangat menikmati proses ‘belajar financial planning’ ini, mulai dari belajar apa itu investasi, sampai produk-produk investasi apa yang bisa gue pakai. Nah, yang gue kerjakan dengan duit gue itu prakteknya. Alhamdulillah, gue merasa semakin ‘tidak pelit’😛 dan bisa berbagi, karena gue tahu yang gue punya lebih dari cukup.🙂
  4. Family & friends
    Satu hal yang gue senang di tahun ini adalah bertemu lagi dengan teman2 lama, baik ketemu beneran atau di dunia maya. Dengan traveling, gue bisa bertemu mereka, biarpun ga cuma satu janji yang batal, karena waktu yang terbatas. Tapi paling nggak, kita sudah contact2an. Pas Lebaran juga, gue berusaha silaturahmi di dunia maya sebisa mungkin, karena kalau hari biasa sama2 sibuk, yang ada kalo dipanggil di YM kagak dijawab, hihihi.

    Sementara itu, di keluarga gue ngerjain dan belajar banyak hal, mulai dari belanja bulanan, ngurus tagihan2, pembelian mobil, renovasi rumah (dan turunannya), sampai jalan-jalan bareng. Seru deh pokoknya.😀
  5. Body & beauty
    Kalau ada 1 hal yang ingin gue kembaliin seperti dulu, adalah berat badan gue. Sejak gue pindah ke marketing dan stay di kantor terus, berat badan gue konstan nggak turun2 selain pas puasa. Abis, banyak banget godaan makanan2 di kantor kalo siang, hehe. Ditambah lagi, susah nyari waktu & tempat buat olahraga. Untungnya, mulai November akhir kemaren, gue resmi jadi member fitness center di Crowne Plaza yang nggak jauh dari kantor. Thanks to Mardi yang udah ngasih tau keberadaan tempat ini. Jadi, gue bisa fitnes / renang pagi2 sebelum ngantor deh sekarang.

    Gue juga merasa lebih bisa milih2 pas belanja, serta mix & match baju yang OK buat ke kantor / jalan2. Biarpun dalam hal pake make-up, gue belom merasa ada kemajuan yang berarti, hehe. Oya, di kantor gue juga ada program pijat gratis setiap 2 minggu, jadi lumayan lah, kalo lagi pegel-pegel.
  6. Others
    Hal-hal lain yang masih harus diperbaiki tahun depan, adalah baca buku & nulis. Terbukti dengan menumpuknya buku-buku yang belom kebaca (semangat pas beli doang :P), dan terlantarnya blog ini. Juga harus mikirin rencana S2 dan turunannya (belajar GMAT, essay, recommendation, dll), juga rencana bisnis.

Kayaknya bisa keliatan ya, tahun ini yang gue paling puas itu apa: traveling! Tapi sebenernya, yang gue senang di 2010 adalah gue bisa menikmati hidup dengan apa yang gue lakukan. Dengan hati yang positif, kita bisa menyebarkan ‘aura positif’ ke sekitar kita lebih banyak. Ini juga yang ingin gue lakukan lebih banyak di tahun depan, yaitu lebih banyak menginspirasi. Di antaranya, dengan menulis lebih rajin. Kayaknya ini keinginan gue yang dari tahun ke tahun yang belom tercapai juga. Gue juga mau aktif lagi volunteer mengajar anak2 yang kurang mampu, biar mereka ikut semangat!

Oya, sebenernya gue pengen mengganti kata-kata ‘gue’ di sini dengan ‘saya’, tapi kok ya sepertinya terkesan ‘tua’, biarpun mungkin lebih ‘dewasa’. Nggak apa-apa kan, tetap mempertahankan ‘gue’ di umur yang sekarang ini. Umur gue masih bisa diliat di Facebook kok, dan gue akan tetap mem-publish itu selama gue belum merasa tua.:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: