LAlapsambEL and the City

Sakit Perut dan Tukang Ojek

Posted on: September 7, 2010

Ya, 2 hari yang lalu gw ngejanjiin posting ‘backdated’, yang sampe sekarang ini blom gw sorting juga. Maaf ya sodara-sodara. Dari kemarin pagi gw mengalami mencret2 alias sakit perut. Nggak tahu kenapa, tapi gw curiga ini gara-gara pas hari Minggu lalu gw makan pake tangan tapi nggak cuci tangan dulu. Sampe sekarang deh sakitnya. Kemaren sih masih mending, karena kemaren gw nggak puasa karena biasa deh, lagi dapet anugerah sebagai cewe. Jadi masih bisa minum yang banyaaaak.

Nah, hari ini gw mulai puasa lagi. Sementara nggak minum seharian, mencret gw tetep keluar dong, jadilah gw lemes dan rada pusing. Makanya itu, tadi sore gw pulang cepet, sekitar jam 5 (biasanya gw pulang abis Maghrib). Soalnya di kantor juga udah pusing, nggak bisa mikir. Nah, saking lemesnya, gw pengen naik ojek dari depan kantor gw di Mampang ke Cawang, biar nggak usah jalan kaki jauh-jauh. Eh, ternyata ya, si tukang ojek ngasih harga Rp30,000! Idih, tiap pagi gw naik ojek dari Cawang Rp12,000 aja, loh.

Ya sudah, berhubung si ojek jual mahal, gw yang udah keleyengan ini jadi lewat rute pulang biasa, deh. Naik busway, lalu disambung dengan omprengan. Omprengan itu mobil pribadi yang dijadiin seperti angkot. Adanya cuma pas jam pergi / pulang kantor. Setelah jalan kaki dari halte busway ke omprengan (nggak jauh sih, gw lagi sakit aja jadi teler), OMG omprengannya nggak ada! Mana yang nunggu banyak banget, blom tentu gw dapet tempat begitu mobilnya dateng. 1 menit, 2 menit, gw nyerah deh nunggunya, udah nggak kuat berdiri lagi. Gw naik ojek aja deh sampe Cawang. Ojeknya lumayan jago, tau jalan nyempil buat (sedikit) menghindari macet. Akhirnya, gw sampe Cawang dengan selamat dan bayar Rp12,000 sesuai tarif normal, hehehe.

Dari situ, gw naik angkot lewat jalan tol dan gw kudu naik ojek lagi dari pintu tol ke pintu rumah. Lagi-lagi, beberapa tukang ojek nggak mau nganter ke rumah gw dengan tarif normal Rp5,000. Tapi tentunya ada lah yang mau, tiap hari juga bayarnya segitu, kok.

Iya sih, dengan Jakarta yang macet sebegitu rupa, ojek jadi alternatif transportasi yang menarik, apalagi kalo nggak lagi hujan. Tapi ya, kira-kira dong kalo minta bayaran. Seperti yang minta Rp30,000 padahal biasanya Rp12,000 itu loh. Padahal kalo dia nawarin Rp15,000, gw yang udah pusing tadi sih masih mau aja. Kalo penumpangnya nggak mau, nggak bakal dapet penumpang juga, kan.

Berhubung tahu tarif standar, biasanya sih gw nggak mau kalo tukang ojeknya sampai minta berlebihan. Kalo di Jakarta, biasanya gw bayar antara Rp10-20 ribu, tergantung jarak & kemacetannya. Kalo di Bekasi (deket rumah gw), biasanya Rp5-10 ribu. Yah, segini udah lumayan deh, daripada macet parah, stress sendiri & boros waktu di jalan, hehehe. Tukang ojeknya juga untung kan, cuma beberapa km gitu kan nggak ngabisin bensin banyak kalo pake motor. Jadi deh, hampir tiap hari gw bilang ke 3 tukang ojek: “Pintu tol Jakarta, Bang”; “Mampang ya, Bang”; dan “Jatibening 2, Bang”. Terima kasih tukang ojek!

Leave a Reply

