LAlapsambEL and the City

Dulu cuma bikin ngiler, sekarang…

Posted on: April 12, 2009

Wohoho, baru kali ini kayaknya gw posting beneran, setelah berbulan-bulan cuma posting yang ga jelas. Sebenernya, gw cuma ga nulis di blog ini aja, tapi gw tetep nulis di tempat lain. Yang tadinya cuma buat tulisan personal atau random thought, lama” banyak tulisan yang jadi lumayan bagus. Sebenernya sih pengen repost di  blog ini, cuma males ah, hehe.

Anyway, skarang gw mau crita soal “popular street food”. Eh, itu istilah gw aja yah, ga tau deh kalo sebenernya sebutan itu ada apa nggak. Nah, yang gw maksud popular street food adalah berbagai macam makanan enak yang dulu cuma bisa didapat di restoran / cafe mahal, dan biasanya menaikkan gengsi orang-orang yang kuat belinya, yang sekarang ada versi murahnya biarpun secara tempat tentu saja beda. Kebanyakan sih, bukan makanan asli Indonesia, jadi mungkin ini yang membuat abang-abang penjual baso tahu, bubur ayam, dan lontong kari ogah pindah karier buat jualan makanan jenis ini. Boro-boro bisa bikin & jualan, mungkin tau aja nggak. Beruntunglah sekarang banyak pengusaha yang mulai ikut-ikutan jualan makanan cafe ini di pinggir jalan. Dan abang-abang itu ga perlu takut kesaing kok, soalnya kalo dibandingin ama jualan mereka sih, makanan kayak gini masih lebih mahal, kalopun harganya sama, ga se-ngenyangin jualan mereka. Tapi buat manjain lidah atau untuk memuaskan kapasitas perut yang masih normal tentu lebih dari cukup.

Makanan yang gw maksud tentu adalah semua makanan favorit gw: kebab, steak, burger (with real patty, not the factory-made one with sausage taste), wafel, dimsum, takoyaki, okonomiyaki, dan yang paling baru: sushi! Gw masih inget jaman SMA, takoyaki, apalagi okonomiyaki, susaaah banget dicari, yang jualan cuma dikit. Gw dapet juga di festival Bon Odori yang cuma setaun sekali kayaknya. Atau dimsum dan sushi yang kayaknya cuma ada di restoran mahal yang belom tentu bisa didatengin 3 bulan sekali kalo ga mau jumlah digit di tabungan berkurang 1. Atau burger, steak, wafel, dan kebab yang biarpun secara harga & availability paling mending, tapi cuma ada di food court mal-mal terkemuka, itu pun blom tentu enak.

Sekarang sih beda banget, berkat pengalaman menjelajah selama hampir 4 tahun, semua makanan tersebut bisa gw dapat dengan mudah & murah (dan tentunya enak) di Bandung. Boleh deh, gw bagi-bagi daftar tempat di mana gw biasa beli semua makanan itu, termasuk harganya. Dijamin puassss!😀

  • Kebab Turki di Dipati Ukur / Pajajaran, Rp10 ribu. Di kota-kota lain juga udah banyak kok. Yah, dagingnya ga seenak Doner Kebab, tapi dengan harga cuma 2/3nya, lumayan lah.
  • Javan Steak di Sulanjana, Rp12 -15 ribu. Steak dengan rasa Indonesia, soalnya kuahnya manis, sih. Yang gw suka, daging & kuahnya banyak, lebih banyak dari Warung Steak & Shake (dengan harga yang sama).
  • Burger Mr. Moo di Sultan Agung, depan sekolah St. Aloysius, parkiran distro apaaa gitu. Patty-nya ENAK banget! Mc* kalah, deh! Paling enak Beef Burger (Rp11 ribu) sama Cheese Burger (Rp 15 ribu) yang pake 2 macem keju: Cheddar & American, nyam!
  • Takoyaki & okonomiyaki di tempat yang sama dengan Mr. Moo. Tadinya gw cuma nyoba aja, tadinya mau makan burger tapi ga jadi. Ternyata enaaaak! Daripada yang di Ciwalk, ini jauh lebih murah, apalagi okonomiyaki-nya. Cuma Rp 12.500 udah pake isi telor & octopus, tentu pake bumbu di atasnya yang enak banget, haaa!
  • Dimsum di depan SMP 7 (lupa nama jalannya), deket Jalan Riau. Masuknya dari jalan sebelah Gedung Pos (FO Stamp) atau sekolah Taruna Bakti. Dimsumnya ada bapau casau, bapau kacang item, hisit, siomay, hakau, kuo tie, lumpia seafood, sama ceker bumbu. Harganya cuma Rp 8 ribuan. Porsinya dikit sih, isi 2-4 layaknya dimsum. Tapi, kalo blom kenyang, tinggal pesen mie yang enak juga di tenda sebelahnya, hehehe.
  • Wafel & pancake Maple Snuggles di Jalan Laswi, sebelah Cizzz Cheesecake. Sebenernya ini bukan street food, sih. Tapi berhubung harganya < Rp 15 ribu, boleh masuk lah. Buat harga segitu, dapet 2 potong wafel / pancake plus topping, kenyang & enak lah!
  • Sushi Boon di parkiran Edward Forrer, Dago. Enak, murah, dan deket kampus! Nigiri salmonnya kalo ga salah cuma Rp9 ribu, sushi fusion (aneh-aneh, pake mayones dll kayak di Sushi Groove) cuma belasan ribu, mantaps deh, hohoho. This is my second newest favorite food in town. Yang pertama? Baca terus sampe bawah, dong ^^;

Berhubung semua makanan ini gw taunya ada di Bandung (yah, beberapa di Jakarta juga ada, sih), pangsa pasar mereka kayaknya emang mahasiswa yang demen makan enak tanpa menguras kantong seperti gw. Tapi tentu ga menutup kemungkinan Anda yang pengen hemat tapi suka ngidam makanan enak (lagi-lagi, seperti gw -_-) untuk mencobanya.

Gw sendiri pengen banget bikin usaha popular street food, dengan makanannya -ehm, rahasia, dong! Yang jelas gw bisa bikin makanan ini, dan blom pernah liat versi street food-nya. Kapan, ya? Ntar deh, kalo warnet udah lebih settled, bareng ade gw, bisa dijadiin bisnis keluarga sekalian juga. 😀

Oya, ada satu lagi yang blom sampe jadi street food, tapi adalah salah satu makanan favorit gw: frozen yoghurt! Kalo dulu, mal favorit gw di Jakarta adalah Plaza Semanggi (karena lengkap dan deket cuma naik ojek + bus 1x dari rumah), sekarang tiap ke Jakarta, gw kudu ke Senayan City, cuma buat beli Sour Sally si frozen yoghurt, hahaha! Harganya mahal sih, Rp 20 ribuan buat yang small, Rp 35 ribu buat yang medium, udah pake topping. Cuma ya cuma, lagi-lagi sekarang di Bandung udah ada versi murahnya! Bukan, maksud gw bukan J.Cool (yeah, haven’t tried this one -_-) yang ada di J.Co, tapi Smitten. Baru buka di Istana Plaza, deket Solaria. Selain rasa plain & green tea, ada rasa taro juga! Harganya? Tentu lebih murah daripada si Seli Asem, cuma Rp15 ribu. Dan kalo mau pake topping tinggal nambah Rp 3 ribu. Terus ada loyalty card-nya juga: beli 10 gratis 1, hore! Yah, tapi kalo soal rasa lebih enak Seli Asem sih, tapi kan tetep, ini ada di Bandung dan lebih murah, hehehe.

Udah ah, makan melulu. Kalo ada makanan enak & murah lain lagi di Bandung, kasih tau ya! Hmm, I have sooo many thoughts in my mind, I should write more this week – and that includes writing my thesis seminar draft, ha!😛

8 Responses to "Dulu cuma bikin ngiler, sekarang…"

kapan2 saya mampir ke tempat yang terdaftar di atas ah, sepertinya kok menarik semua. td siang ke bandung, buru2 nggak sempat mampir ke mana2..

Laaaaa, kuliah!! jangan makan mulu kerjaannya😀

la,udh nyobain takoyaki depan arsi ga? 3biji gede harga 7rb hoho,lumayan kan?
trs dlu di yogya ciwalk ada frozen yoghurt jg 5rb,enaak d,tp gatau msh ada or ga gr2 smitten buka..

Takoyakinya udah nyoba dong, tapi tetep lebih enak okonomiyaki yang depan Aloy, lebih gede, lebih banyak isinya dan ada telornya😛 iya tau juga es krim yoghurt yogya, tapi udah berapa kali gw tanyain skarang ga ada terus. lumayan kan padahal, smitten kan mahal😀

hehehehe sip artikelnya…dah nyoba juga..enak tuh
Alnect Computer

jah bikin pengen aje ney…. kalau makanan di semarang tau gak… disini palinh enak tuh es kelapa muda..hehehehehe… ame mister burger.. tapi sayangnya bikin neg…

wah makasih y infonya😀
oia i really like smitten too! justru karna aku sbnrny ga trlalu suka yogurt, jd smitten bs sangat diterima di lidah drpd ss atw rm😀

Jd laperrrr!!! Hiksss T.T
Btw aq belon nyoba dimsum n kebabnya..
Xixixi..
Klo sushi aq suggest oishinbo di diponegoro dkt sate maulana yusuf, tp nyempil msk ke gang,,
asli euy sushinya murah tp quality rasa nyam..
Oia chizcake murah? Qrain mahal euy.. Wkwkwk
Ceneng yg murmer, ntar ksh info lg dong..

Leave a Reply

