LAlapsambEL and the City

My Whole New Life: Summer – 7th Semester

Posted on: October 1, 2008

Ya, sekarang waktunya nulis lagi, karena akhirnya gw liburan juga. Gw punya banyak banget euy utang ceritanya. Cerita personal life gw dulu aja, ya. Udah dari jaman sibuk nge-I-cup sampe skarang gw blom nulis apa-apa. Padahal banyak banget hal yang terjadi dengan gw selama itu, yang sebagian diceritakan oleh orang lain (iya, maksud gw, oleh para jurnalis di media massa, hehe ). Tapi, pasti ada bedanya dong, cerita versi “diceritain” sama versi “yang empunya cerita”. Karena pentingnya Imagine Cup & ASEAN Young Speakers Contest, laporan kedua event itu bakal gw tulis di post tersendiri. Kalo di post ini? Ya, semua hal tentang gw selain itu…

Mulai dari hal-hal yang gw kerjain, ya. Selama liburan kemaren, selain ngerjain Imagine Cup (dan berbagai interview setelahnya, hehe), gw juga dapet kesempatan menginspirasi di 2 event. Yang pertama, di training Strategi Sukses di Kampus, di mana gw jadi trainer dan ngomong selama kira” 4 jam di depan 30an mahasiswa STEI ITB 2008. Dari training ini, peserta diharapkan bisa lebih siap menjalani kehidupan di kampus dengan berbagai strategi, hingga nantinya bisa menjadi mahasiswa yang berhasil, baik secara akademis maupun non-akademis. Panjang euy kalo mau cerita tentang trainingnya. Mungkin bisa liat aja di posting temen gw ini. Selain itu, gw bersama Tim Antarmuka juga sempet diundang buat ngomong tentang inovasi di acara suatu perusahaan. Di sini, kami cerita soal gimana kami bisa memelihara semangat dan kerjasama kelompok dalam mengerjakan sesuatu yang berbeda dengan apa yang dilakukan sebagian besar orang-orang seusia kami. Dari pengalaman di 2 event ini, gw seneng banget bisa berbagi dengan orang lain dan menginspirasi mereka, karena apa yang gw kerjakan juga sebenernya terinspirasi oleh orang lain. Siapa tahu, kali ini gw bisa menginspirasi mereka untuk melakukan sesuatu yang lebih baik di masa depan. Sebagai efek samping, alhamdulillah gw dapet bonus juga, sambil nunggu si duit hadiah I-Cup cair.😀

Selain itu, tahun ini juga gw memegang beberapa tanggung jawab, yaitu jadi contact person buat hosting family-nya Julia, exchange student dari Jerman yang akan tinggal di Bandung tahun ini, dan wakil ketua II Unit Renang dan Polo Air ITB. Doain gw bisa memegang kedua tanggung jawab ini dengan baik tahun ini, ya. Gw juga masih ikutan lomba-lomba, di antaranya PKM-nya Dikti bareng anak” asisten Lab Gaib dan Global Academic Challenge-nya MAAW bareng Rudy anak TI. Trus pengen ikutan L’oreal e-Strat sama IWIC juga. Jadi ketagihan ikut lomba nih, mumpung masih berstatus mahasiswa, sebelum Insya Allah gw lepas Juli taun depan, hehehe. Amin!

Nah, sekarang tentang kuliah gw, yang sekarang udah semester 7 / tingkat 4 / tingkat akhir (Amin!). Dengan diberlakukannya kurikulum 2008 ke seluruh mahasiswa ITB, termasuk angkatan 2005-yang kuliah wajibnya tinggal dikit, menyebabkan kepusingan melanda para mahasiswa pas ngambil mata kuliah. Untungnya, beberapa hari sebelom masa pendaftaran ulang berakhir, para wali mendapat “pencerahan”, jadi cukup jelas lah kalo (sepengertian gw), gw kudu ngambil kuliah pilihan lingkungan wajib ITB, kuliah wajib jalur (RPL/CS), dan minimal 9 sks kuliah pilihan luar. Hasilnya? Dengan banyaknya kuliah pilihan yang gw blom tau isinya, gw sukses memegang rekor PRS selama gw kuliah (seumur-umur gw blom pernah PRS!), yaitu: add 3 kuliah (9 sks) dan drop 3 kuliah (8 sks) juga, hehehe.

Jadi, semester ini gw ngambil kuliah Tugas Akhir, Kerja Praktek, Rekayasa Lingkungan, Rekayasa Perangkat Lunak Lanjut, Rekayasa Interaksi, Rekayasa Ulang Sistem, Sistem Berbasis Pengetahuan, sama Kewirausahaan dan Pengembangan Enterprise. Hihihi, 4 dari 8 kuliah yang gw ambil berkata depan “rekayasa”, lucu juga. Yang jelas, karena nyaris semua mata kuliah ini pilihan atau topik tugasnya bisa ditentuin sendiri, gw seneeeennnggg banget sama semua kuliah gw. Baru kali ini segitu semangatnya ke kampus, hehehe. Kecuali kuliah RPL-L yah, karena harusnya ini kuliah tingkat 3 (dengan tugas” “khas” tingkat 3 dan bahan yang banyak diulang), yang harus gw ambil karena kurikulum 2008 mengharuskannya (wajib jalur RPL, hyuh).

Nah, kalo udah semester 7, tentu ada suatu mata kuliah yang menurut kurikulum IF seharusnya diambil sekarang. Ya betul, mata kuliah ini adalah Tugas Akhir, a.k.a. TA / T* / *A. Alhamdulillah, biarpun gw blom sempet presentasi proposal, gw udah  yang berarti ada progress. Ada satu hal yang sering membuat gw berpikir, knapa sih banyak anak IF bikin ketakutan yang berlebihan kalo ngomongin TA. Pake sensor” lah, bilang itu jorok lah. Kalo emang itu TA udah dikerjain sampe eneg, gw bisa ngerti, lah. Gw juga hati” kok, kalo ngomong ke temen” angkatan atas gw yang udah ngambil TA sebelum semester ini – you know what I mean lah, ya. Tapi, kalo yang masih di tahap awal – yang bahkan pre-pro aja blom, bukannya justru semangat ya, ngomongin TA? Ini kan mata kuliah yang tugasnya paling bebas mau ngerjain apa. Yah, berbekal semangat itu juga, gw memilih topik dan pembimbing dengan bebas, sesuai apa yang gw bener” pengen kerjain, kan biar semangat.😉

Masih soal kuliah juga, akhirnya nilai kuliah semester lalu yang tertunda karena suatu hal, akhirnya keluar juga beberapa minggu lalu, dan dapet B, hore! Yah, itu jauh lebih mending daripada nilai D yang untungnya akhirnya dicoret menjadi T. Masalahnya ada di miskomunikasi antara gw dan dosen pengajar mata kuliah tersebut mengenai pelaksanaan UAS. Alhamdulillah, masalah yang bikin gw kebat-kebit selama 3 bulan ini beres juga. Nilai ini juga akhirnya menggenapkan NR gw semester lalu yang mencapai titik tertinggi selama gw di ITB sampai saat ini.

Gw baru sadar kalo beban kuliah gw semester ini sangat jauuuuh lebih rendah daripada taon sebelomnya, pas ngeliat junior” gw, anak” IF 2006 beramai-ramai ngerjain tugas di kampus. Sementara gw? Udah jarang bgt gw pulang abis Magrib, udah jarang buka puasa di kampus juga. Tugas-tugas kelompok udah jarang, dan kalopun ada, bisa dibagi-bagi dengan cukup mudah, ga kayak tugas-tugas tingkat 3, lah. Tapi justru karena hal ini, gw merasa jadi lebih individualis. Bener ga sih? Apa yang lain juga merasa gitu?

Yang terakhir, soal personal life gw. Seperti sebagian besar dari kalian sudah tahu, gw udah punya pacar sekarang, yang tidak lain tidak bukan, adalah salah seorang teammate gw di Tim Antarmuka, yaitu Erga. Berhubung dia punya post tersendiri buat gw di sini, cerita lengkapnya bakal gw bikin post sendiri juga deh. Paling nggak, kalian sekarang tau kenapa gw ga online se-sering dulu, karena sekarang ada yang gw mesti urus selain Bella (si laptop tercinta).😉

1 Response to "My Whole New Life: Summer – 7th Semester"

bersabrlah dan tetaplah semangat kawan

Leave a Reply

