LAlapsambEL and the City

Selingkuh

Posted on: May 11, 2008

Tumben nih, judul posting gw cuma 1 kata. Kontroversial pula. Lagi pengen posting soal personal life aja, sih. Setelah banyak nge-post soal Imagine Cup, bosen juga ya. Sebenernya sih, pengen cerita soal presidential lecture deaturing Bill Gates di JCC Jumat kmaren. Tapi kayaknya udah banyak media yang nulis, bisa baca di sini juga. Inspiring banget sih, menurut gw. Selain itu, Sabtu kmaren, tim Antarmuka juga tampil dengan sukses pada interview live di Topik Siang di ANTV. Tapi lagi”, gw bosen cerita Imagine Cup, sodara”😛 So, sesuai dengan judulnya, gw mau cerita soal selingkuh-selingkuhan, berhubung personal life gw baru” ini menyangkut tentang selingkuh.

OK, sebelum diterusin, ada peringatan awal nih. Gw nulis ini dengan tujuan memperingatkan para wanita biar ga terjebak sama para lelaki yang ngajak selingkuh, atau menyelingkuhi kalian. Gw juga bukan mau bangga jadi selingkuhan atau diselingkuhin, melainkan bangga dengan keputusan gw untuk menolak praktek perselingkuhan, hehe. Gw sama skali ga bermaksud menjelek-jelekkan orang di sini. Kalo ada yang ngerasa, ya… siapa suruh selingkuh! Hahaha:mrgreen: Demi perdamaian dunia, nama dan tempat tertentu sengaja disamarkan. Kalo para pembaca masih tau siapa, apa, dan di mana yang dimaksud? Ya, lagi”… siapa suruh selingkuh!:mrgreen: Yang terakhir, gw juga minta maaf sebelumnya kalo gw bakal menggunakan stereotyping dan asumsi yang belum tentu bener. Kalo ternyata ada di antara pembaca yang ga merasa seperti itu, ya maaf… ^^

Jadi, ceritanya gw mau share pengalaman gw dalam hal perselingkuhan, hehehe. Dalam perselingkuhan, kan ada 3 pihak tuh. Kita liat gmana cerita gw dalam menjalani ketiga peran tersebut:

1. Yang berselingkuh
Alhamdulillah, sampe skarang gw blom pernah selingkuh. Hal paling deket dengan selingkuh yang pernah gw lakuin adalah jalan sama cowo lain, saat cowo yang sebelumnya deket sama gw, suka ngilang” dan ga jelas. Tapi, berhubung ga ada status, menurut temen gw sih, itu bukan selingkuh. Karena gw blom (dan ga akan) pernah mau mendapat peran ini, ayo kita liat masalah selingkuh-selingkuhan ini dari sudut pandang lain aja, hehehe.

2. Yang diselingkuhin
Hm, ini pernah terjadi saat gw menjalin hubungan dengan salah seorang mantan gw. Dia selingkuh sama cewe lain, sampe batas yang… ehm, keterlaluan, menurut gw. Alasannya, karena dia bisa dapet perhatian dari cewe itu, yang ga bisa dia dapet dari gw. Dari situ, gw sadar, kalo cowo itu selingkuh karena ga bisa mendapatkan sesuatu dari pacarnya, yang bisa dia dapatkan di selingkuhannya. Waktu hal ini terjadi, gw juga introspeksi diri, dan ternyata mungkin gw ga bisa ngasih perhatian cukup buat dia waktu itu dan terlalu sibuk sama diri gw sendiri. Jadi, gw ga mutusin dia waktu gw tau hal ini, dan mencoba memperbaiki diri. Tapi ya, mungkin karena situasi dan cara pandang yang terlalu banyak beda, dengan situasi yang udah ga enak, akhirnya kita putus juga. Nah, ini udah jadi salah satu contoh gmana selingkuh menghancurkan hubungan. Skarang, mari kita liat selingkuh dari sudut pandang yang terakhir.

3. Yang jadi selingkuhan
Nah, ini yang baru aja terjadi sama gw, jadi ceritanya mungkin paling panjang *curhat mode* Hayo, udah penasaran, ya?😛 Jadi, awalnya, seorang temen minta gw jadi tour guide selama dia di Bandung. Berhubung gw adalah temen yang baik, gw anterin aja, deh. Kita jalan ke sebuah cafe di deket kampus gw, yang kalo weeknight, sepi” aja. Di situ dia cerita, gmana hubungan dia sama cewenya yang lagi bermasalah. trus gw cerita soal love life gw, gmana gw putus sama mantan gw. Kita juga cerita tentang berbagai hal lainnya. Sepertinya, kita ngomongin apa juga bisa nyambung. Dia juga bersikap sangat menghargai wanita. Dari pertemuan ini, gw mulai tertarik sama dia. Besok”nya, saat dia udah cabut dari Bandung, kita sering chatting, hampir tiap hari. Tapi, kalo gw sms, ga pernah dibales. Begonya, gw blom sadar kalo ini adalah salah satu tanda” selingkuh. Setelah seminggu, dia ngilang, dan gw juga sibuk sama Imagine Cup, jadi chatnya ga se-intens pas dia baru balik dari Bandung. Beberapa kali gw dateng ke Jakarta (mostly buat ngurus Imagine cup, entah cari data atau presentasi-nya) dan ngajak dia ketemu, tapi dia ga pernah mau. Sampe final Imagine Cup pun, dia ga dateng. Alesannya sih kuliah, tapi mungkin banget kan, kalo dia ga mau keliatan akrab sama gw di depan orang lain, apalagi kalo ada temen-temennya.

Setelah Imagine Cup, ternyata orang ini datang lagi di kehidupan gw, dan chat kita pun lebih intens lagi, hampir tiap malem saling nunggu gitu. Trus di chat, dia mulai mesra”, dan gw, sebagai cewe normal, makin seneng lah, ya. Gw bingung, do I want him as my best friend, or my boyfriend? And what does he expect from me? Sampe tepat seminggu yang lalu, dia ke Bandung lagi, dan kita jalan bareng, lagi” ga ke tempat rame. Tapi kita ngobrol banyak dan gw seneng bisa ngabisin waktu bareng dia. Abis itu, gw makin sadar kalo.. Best friend tuh ga gini, I love him like a girl loves her boyfriend. Tapi, dia kan udah punya cewe! Gw cerita ke beberapa temen, sampe seseorang menyadarkan gw dengan tegas, kalo gw cuma selingkuhannya. Saat itu juga, gw memberanikan diri untuk minta putus ke dia. Emang dasar ya ni orang, udah jelas arah omongan gw ke mana, masih aja ngeles”, biar gw ga jadi mutusin kali, ya… Ya udah, perselingkuhan berakhir di situ, tapi gw masih sering mikirin dia, dan mikir apa keputusan gw itu bener.

Suatu saat, akhirnya gw memberanikan diri cerita tentang ini ke temen gw yang kenal sama dia. Gw tadinya takut, kasian kalo si penyelingkuh ketauan temen”nya. Tapi ternyata, sodara”…. temen gw justru bisa nebak orang ini siapa sebelum gw sebut namanya! Katanya, pernah ada juga beberapa cewe lain yang dideketin sama orang ini, dan dia udah menyimpulkan kalo orang ini adalah playboy yang layak masuk acara Playboy Kabel di tv, hohoho! Fuh, gw langsung bersyukur bahwa akal sehat gw menang waktu gw mutusin dia, dan ga ngikutin kata hati yang sebenernya sayang sama dia. Dan gw pernah mikir kalo orang ini adalah type someone I want in my life! Huhu, ternyata semua itu salah, dan gw ga bisa percaya lagi omongan dia, mana yang bener, dan mana yang boong.

Ternyata cowo ini ga lebih baik dari mantan gw yang pernah selingkuh, bahkan lebih parah. Padahal, dia rajin solat sunnah, ke mesjid, dan mengaji, yang gw pikir membuat dirinya jadi seseorang yang soleh, ternyata…😦 Ini nih, contohnya knapa bangsa Indonesia tetep banyak korupsi, padahal tempat ibadah penuh. Ibadahnya ritual doang sih, kebiasaan aja, padahal harusnya kan, kalo memang percaya agama, harus diterapkan dalam segala aspek kehidupan, bukan cuma ibadah kepada Tuhan aja, betul, ga?😉

Jadi ya, buat para wanita, hati” lah dengan cowo” tipe ini. They may seem too good to be true, nyaris perfect, lah. Tapi ternyata??? Gw sempet mengidentifikasi tipe” cowo seperti ini, dari pengalaman gw dan orang” lain. Biasanya nih ya, cowo tipe ini tuh:

  1. Ganteng. Jujur lah, they are physically attractive! Makanya, cewe” mau sama mereka. Eits, tapi ganteng aja ga cukup. Biasanya mereka juga menjaga penampilan, bersih lah, wangi lah, atletis lah, gitu…
  2. Mereka tau cara menyenangkan wanita. Yah, dengan bersikap sangat gentle lah, romantis lah, humoris lah, dll. Keahlian ini mungkin mereka dapet setelah bertemu banyak cewe, jadi tau cewe itu pengennya apa.
  3. Pinter. Otaknya pinter dalam mikirin cara menipu dan memanipulasi pikiran cewe, huhuhu. Kalo orang” yang gw tau sih, pinter secara akademis, atau punya prestasi, jadi cewe” ngeliat mereka punya masa depan cerah. Tapi ga semuanya gini sih, kayaknya….

Nah, kalo kalian, cewe”, mikirin seseorang seperti ini, dan sepertinya “He’s too good to be true”, coba dicari tau bener”, apa dia emang begitu, atau cuma berusaha meng-impress cewe” dengan itu. Jadi ya, hati” kalo bertemu dengan tipe cowo yang sangat mudah disukai wanita seperti itu. Sorry buat cowo” yang merasa memenuhi kriteria di atas, tapi kalian ga playboy. Gw acungin jempol deh! Plus, kalo kalian masih single, gw available kok, hehehe😉

25 Responses to "Selingkuh"

lagi ngomongin saya ini ya? hahaha,,

some comments on the subject… shall I?:mrgreen:

1. Ganteng. Jujur lah, they are physically attractive! Makanya, cewe” mau sama mereka. Eits, tapi ganteng aja ga cukup. Biasanya mereka juga menjaga penampilan, bersih lah, wangi lah, atletis lah, gitu…

heh. ternyata cewek-cewek itu doyan cowok dandy-wangi-necis-whatever yah?:mrgreen:

*sama sekali bukan dan tidak mau jadi cowok kayak begitu*

2. Mereka tau cara menyenangkan wanita. Yah, dengan bersikap sangat gentle lah, romantis lah, humoris lah, dll. Keahlian ini mungkin mereka dapet setelah bertemu banyak cewe, jadi tau cewe itu pengennya apa.

exactly why I say that girls tend to be ‘happily oblivious’.😎

*I wonder though*

*aren’t there ANY smart girls who won’t fall for that sorta stuff?*

3. Pinter. Otaknya pinter dalam mikirin cara menipu dan memanipulasi pikiran cewe, huhuhu. Kalo orang” yang gw tau sih, pinter secara akademis, atau punya prestasi, jadi cewe” ngeliat mereka punya masa depan cerah. Tapi ga semuanya gini sih, kayaknya….

sederhana saja, kok. hal seperti itu sih (sebenarnya) gampang… sisanya sih terserah individu (baca: seorang cowok) mau menggunakan cara kayak begitu atau nggak.

…believe it or not, as it comes from my words.:mrgreen:

~cheers😉

ahaha,,ella..ella
btw, gw nonton lo d anteve loh kmaren,,ehehe
kalian telat dateng ya?
soalnya si mas2 nya heboh nelponin gw,,[bingung kan?!]

@mybrainsgrowell: Yah, ada yang GR. Kalo lo ngaku, tertuduh aslinya ga ketauan, dong *gregetan pengen nulis nama si pelaku, tapi gw masih waras*:mrgreen:
@yud1: Apa salah kalo menyenangkan pasangan dengan menjaga penampilan dan membuatnya senang? Tapi cuma ke pasangan sendiri loh, ya….
@dsH: Haha, OOT nih. Iya, kmaren udah sampe Microsoft tapi Zeddy blom dateng, nunggu dulu deh. Ga tau instruksi kudu gmana sih, tadinya..

btw, gak semua cowok yg ganteng, pinter, dan tau cara menyenangkan wanita itu playboy lho.. vice versa..🙂

sabar ya laa…
klo sama lelaki emg harus sabar..
huehehehe…😀

@yud1: Apa salah kalo menyenangkan pasangan dengan menjaga penampilan dan membuatnya senang? Tapi cuma ke pasangan sendiri loh, ya….

…heh? memangnya gw ngomongin itu?🙄

maksud gw, gw nggak tahu seberapa pentingnya faktor ‘penampilan’ seorang cowok buat seorang cewek. take for example, apakah bahwa cowok dandy-necis-wangi-whatever pasti akan lebih disukai cewek-cewek?

~bukan cowok metro pemerhati penampilan
~dan gak tertarik jadi cowok seperti itu:mrgreen:

Some rebuttal for your proposition:

You said that when a guy (who already has a girlfriend) makes a move to be closer to another girl, then he commits ‘selingkuh’, by that you implicitly assumed that guy-girl friendship is not possible. Is that what you are trying to say, Ma’am?

I would like to take a more neutral stance here by stating that some guys might just be looking for friendships when they go out with their female friends, in your case asking the friend to be a tour guide during weekends..

If someone happens to be in that position and finds his female friend falling for him, then what is he supposed to do?

I believe your male friend has tried to stay away from you the whole time, but you keep on nagging and sending messages through SMS and chats to get into contact with him. And again let me propose another neutral stance for him to do: he should play it cool, respond once in a while, and let the girl leave willingly without causing any burden on the relationship (friendship)..

I quote the following line from a survey from MSNBC

“The No. 1 reason men cheat is because they are dissatisfied with their relationship, while the most common reason women cheat is they feel emotionally deprived.”

Some men cheat even after they live together with their partners for years, so what kind of relationship dissatisfaction is it the most probable reason to cheat?

The only thing I can think of right now is that initially the relationship was going well, both parties (male and female) put their partners in high (if not top) priority and they would do anything to keep their partners happy. As the relationship goes along, the female might undergo changes in their lives (kids, career, age) which require them to somehow switch the priority of their partners lower so much so that the males can no longer get what they can initially take for granted..

@anggriawan: Iya, makanya gw tulis kata “biasanya” dan “maaf”, yang berarti keadaan yang gw tulis ga semuanya selalu bener..
@vinta: Wah, sabar juga ya, Vin… Cieh, yang baru jadian😀
@yud1: Kalo buat gw sih, penampilan ga berarti kalo ga ada kecocokan. Misal, gw pernah dideketin cowo ganteng yang kuliah di Sekolah Tinggi XX dan doyan clubbing. Karena ga nyambung, gw ga mau sama dia, tuh…
@Reza: OK, when he asked me to be a tour guide, it’s friendship. He might try to stay away from me after that, and so did I, until the 2nd part (after Imagine Cup), when I think the friendship becomes relationship for both parties. And it’s not just me that always tried to make contact with him. He played it romantic during chats. He did tried to treat me as his best friend, but failed to do it again because he’s so used to treating girls like a girlfriend. And during his second visit, it was him who treated me like his girlfriend, when I tried to treat him as a friend, and I told him so not to, but he still did. What happened next, is that I couldn’t resist when he talked to me that way, kind-of-supportive-boyfriend, even though sometimes it was just in the chat. Therefore, the condition was indeed built by both parties, not just me.

saya kira apaan sampe promosi di tengah jalan tentang post ini…

soooo….. gimana rasanya jadi selingkuhan?:mrgreen:

…now I’d like to share some cents.

You said that when a guy (who already has a girlfriend) makes a move to be closer to another girl, then he commits ’selingkuh’, by that you implicitly assumed that guy-girl friendship is not possible. Is that what you are trying to say, Ma’am?

I do believe that such kind of friendship is possible to be. but I don’t believe that there is no borderline that any guy (or girl) which states ‘across this line you are cheating’.

of course, reasons (meh, excuses) are always there; I can go eat with another girl, and I say ‘she’s just friend’ to my girlfriend. I come to another girl’s house and staying for long, and I say ‘she’s just friend’ to my girlfriend. well but of course, I (can say about) haven’t done anything ‘like a couple’ to that ‘another girl’.

well. unless I kissed that ‘another girl’ or even more. that commits as cheating, but whatever may happen with everything else… what a vague definition we have about it. duh.

unfortunately one could never say that ‘cheating’ is commited ONLY when a guy kissed that ‘another girl’ or even made love to that ‘another girl’. anything else is about excuses. yeeesss.

I believe your male friend has tried to stay away from you the whole time, but you keep on nagging and sending messages through SMS and chats to get into contact with him.

sounds more like ‘prejudice’ than ‘neutral stance’ to me though. can’t say anything either, I don’t really know the situations.😉

Some men cheat even after they live together with their partners for years, so what kind of relationship dissatisfaction is it the most probable reason to cheat?

boredom. changing priorities. unfavorable circumstances. another man or woman stepping inside. there are too many reasons (meh -again-, excuses) for a guy (or girl) to commit ‘cheating’ on his partner.

although it wouldn’t be considered as ‘cheating’ if that particular guy (or girl) has enough determination to break off their current relationship on the first place… but some of them just wouldn’t do. god knows.

even the author of this blog once figured that when someone cheats on her, there might be a good reason (or in your term, excuse) for that, as in, it’s not because the cheater is a 100% jerk..

i never (and would never) agree with anyone cheating on one’s partner, but behind everything -big and small, there is something to learn, and i believe using terms like “excuse” instead of “reason” virtually closes your learning opportunity..

btw, ella, how’s your manhunt?😀

hduh, kk…
g nyangka bisa kena masalah pselingkuhan
ahaha…

tp gmn klo ad yg bpendapat :
slama blm ad ikatan resmi, boleh2 aja selingkuh? toh, belum jadi siapa2…

Halah, si Ella, di posting juga ya akhirnya.. hehe

Let me give some comment.

1. Ntah kenapa, sepertinya sudah menjadi natural seorang cewe bila ada seorang cowok yang menyenangkan mereka, they’ll fall for that. Cewe mana sih yang ga seneng diperhatiin sama cowo? So it’s natural.

2. Kamu tampak sial banget yah. Kena 2 kasus perselingkuhan dalam sekejap. hmm mungkin coba lebih introspeksi diri lagi. See the world from the bright sight. Takutnya sih kamu jadi kapok mengalami perasaan cinta (dan menjadi lesbi..hiiii). Semoga ga

Among 1000 guys in the world. there is 1 guy that is actually your’s. It’s just a matter of time and effort.

Wah, yud1 & Reza jadi debat di blog gw, udah kayak forum aja, dengan gw sebagai thread starternya, hehe.Anyway…
@Restya: pendapat itu muncul dari kesepakatan ikatan kedua belah pihak. Kalau memang sepakat masih sama” free, atau blom ada kesepakatan apa”, seperti situasi gw di no.1, ya bisa aja…
@Igor: Ih, gw ga lesbi ya, Gor… Tolong… Gw ga trauma, terbukti masih suka cowo kok, hehehe😛

wah, setelah membaca posting ini dan perdebatan di atas, saya jadi semangad…semangad buat selingkuh (lho??)

hehe. jadi sedikit mengenal sisi ella. huehehe. (ngenalnya sisi yang beginian pula. huahaha)

sorry yah ella, gw gak kenal lo tp lo jg SALAH!.

kenapa lo biarin rasa suka lo grow sedangkan lo tau dia punya cewe? kalo kita punya prinsip utk membatasi diri (as in buat mencegah rasa suka tumbuh gitu) ke cowo yg dah punya cewe ya lo gak bakalan kya gitu. Dgn lo b2 saling tunggu2an di msn buat chat itu aja menurut gw gak bener (maaf yah kl terlalu judge, tp gw judge seperti itu krn lo dasarnya udah ada rasa suka.) itu udah kaya HTS-an si gw bilang. ya mungkin cowo itu emang gatelan, tp sebelom bahas dia gatelan, kita cewe2 jg harus liat dulu apakah sikap kita menjaga sikap dia ato malah mencoba deketin dia and mencari2 dia.

sorry bgt yah soal judgement gw. tp gw ttp bilang lo jg salah disitu.

Hi Ella,

You know that you have broken up a relationship with this post? Kalau belum tahu, barusan saya kasih tahu.

Dari yang gw baca diatas, harusnya elo ngerti kalau cowo itu mau membatasi hubungan sama elo dari gak pernah sms-lo, gak dateng imagine cup, dan lainnya. Saya kira malah kamu yang kegeeran. Benarkah dia sudah punya pacar? Kok kamu tetep merasa kalau dia ada apa-apanya?

*lirik komen di atas*

You know that you have broken up a relationship with this post? Kalau belum tahu, barusan saya kasih tahu.

whoa. I kinda feel sorry for that guy. why would a blog post render a relationship broken? I can’t think of any appropriate measure, unless that there lies some inconvenient truth within the post. oh well, none of my business anyways.

no hard feeling, but it’s kinda poor that the particular guy got dumped twice because of a single blog post. one is this, and one is there. I don’t really understand the situation though, but it sure is one kind of story.😮

anyway, salam kenal.😉

Hi Ella, saya tidak tahu siapa kamu, tapi dari isi post kamu kelihatan kalau kamu sangat berambisi untuk berkhayal mendapatkan pacar ya, sehingga ada banyak hal yang kamu lupakan.

Meringue dan asd, atau mungkin yudhi sudah menjelaskan panjang lebar, saya juga melihatnya dari kalimat ini misalnya (kalau saja benar): Beberapa kali gw dateng ke Jakarta (mostly buat ngurus Imagine cup, entah cari data atau presentasi-nya) dan ngajak dia ketemu, tapi dia ga pernah mau. Jelas sekali kalau dia memang tidak terlalu respect terhadap anda!

Saya kira dia hanya memanfaatkan anda untuk beberapa hal, maka jadi baik sementara. Merasa?

Wah, blog gw seharian ini rame bener, banyak yang comment pula. Maap baru sempet bales comment skarang, udah hari” akhir Imagine Cup begini, sih.. BTW, ni posting sebenernya udah rada lama, alias udah basi, tapi kok tiba” rame, ya? Klarifikasi aja deh, skarang…

Anyway, buat smuanya.. Dulu gw mungkin ge-er, tapi ya kalo awalnya suka, trus ditanggepin, wajar kalo gw tambah seneng. Gw sempet ngelupain dia pas ngerjain Imagine Cup, but as I told above, dia datang lagi abis itu. Bagian ini yang sebenernya salah, dan memang ga bertahan lama, paling 2 mingguan kurang. Gw tau kalo gw salah pas suka sama dia, pas dia HTS-an sama gw, meskipun dia bilang itu best friend thing. Justru karena gw tau itu salah, bahwa gw suka sama cowo yang udah punya cewe, makanya gw mengakhiri hubungan itu, dan menulis posting blog ini.

Soal gw cuma dimanfaatin? Mungkin aja, tapi gw ga mau berprasangka buruk sama orang. Lagian, mau manfaatin apaan sih dari gw? Kayak gw punya duit atau koneksi aja, hehe. Kalo mau minta sesuatu dari gw mah sok aja bilang, ga usah pake manfaat”in sgala.

Perasaan gw suka sama siapa emang ga selalu bisa gw atur, tapi apa yang gw perbuat dengan perasaan itulah yang bisa gw kontrol😉

hmmh,,,memang selingkuh itu indah yah,,hehehe,,tapi bisa ngerusak perasaan orang lain,,,

saya sendiri belum pernah mengalami kasus seperti mba ella,,,,

*salam kenal yaah

Hhhm…
Jadi ini yang kemarin dicerita-in itu? gw yakin dia nanti bakalan nyesel wanita secantik dan smart seperti kamu hanya jadi selingkuhan.

hihiih.. seru.. banyak bahasa Inggris pulak..
buka kamus ah..

Leave a Reply

