LAlapsambEL and the City

Belated New Year (or even Lifelong?) Resolutions

Posted on: January 8, 2008

First of all, happy belated new year! Haha, telat banget deh nih post, dah nongkrong beberapa saat sebagai draft. But it’s better late than never, though. Anyway, why do I write partly in English? Because I just found and connected back with my old friends who don’t understand Indonesians here, so I just want to give them some ideas about what’s going on in my blog if they ever come to visit. Feel free to write your comments in any languages (oops, only the ones that I understand, please).

So, it all started as I realized that I turned 21 on December 23, 2007. Wow, I’m a legal adult now! Nah, gw jadi mikir, apa sih yang udah gw lakuin dan yang mau gw lakuin setelah 21 tahun pertama hidup gw. So, here are the things that I want to do, hopefully not only for this year, but also for the rest of my life. Panjang penjelasannya, but worth to read if you want to know more about me.

  1. Learn more about Islam
    Gw sering banget merasa kalo gw belum terlalu kenal sama agama gw sendiri, sesuatu yang gw percaya dan menjadi pedoman hidup gw. Kadang-kadang, gw merasa kalo ibadah yang gw lakuin cuma sekadar ritual, tanpa merasa maksudnya. Nah, karena itu gw pengen belajar lebih banyak lagi tentang Islam, gimana caranya melakukan sesuatu sesuai ajaran agama gw, dan kenapa gw harus melakukan hal itu.
  2. Spend more time with my family and friends
    Gw baru sadar kalo gw gak terlalu deket sama keluarga dan temen-temen gw, setelah 21 tahun hidup gw bersama mereka. Padahal, mereka adalah orang-orang yang bisa bikin hidup gw berharga. Buat apa gw jadi orang yang berhasil kalo gw gak punya keluarga dan temen to share the joy with. Dulu, gw sering ga pulang ke Jakarta waktu Mama minta, ga bales testimonial dan message dari temen-temen gw di Friendster, jarang e-mail ke temen-temen yang gw kenal waktu pertukaran pelajar dulu, semua dengan alasan gw sibuk. Padahal, apa susahnya meluangkan waktu 15-30 menit per hari buat keep in touch sama temen-temen gw yang jauh, bisa lewat e-mail, Y!M, Friendster, Facebook, blog, internet has made things much easier! Juga meluangkan weekend buat pulang atau jalan-jalan sama temen-temen gw (beda sama ngerjain tugas bareng, loh), dengan konsekuensi gw ngerjain tugas lebih banyak pas weekdays. Jadi, gw pengen bisa membuat keluarga & temen-temen gw merasa kalo mereka berharga buat gw. I want to support them, not only selfishly let them support me.
  3. Work smart, a.k.a efficient
    Gw sering banget menghabiskan banyak waktu saat ngerjain tugas. Padahal, mungkin banget waktu yang banyak habis itu karena kebanyakan bercanda atau ga fokus, tapi hasilnya sedikit. Atau kebanyakan mikirin kalo tugasnya berat, jadi malah males mulai ngerjainnya dan ngebebanin pikiran doang. Jadi, gw pengen bisa lebih fokus ke tugas gw saat ngerjain, biar pikiran gw bisa dipake buat hal-hal lain juga.
  4. Save money in my bank account, not in my stomach:mrgreen:
    Hahaha, yang ini cukup parah. Gw baru sadar di umur gw yang 21 kalo gw gak punya duit. Iya sih, gw masih dapet biaya hidup dari orang tua gw, tapi sebenernya sisanya lebih dari cukup buat gw tabung. Kalopun gw dapet duit tambahan dari objekan (halah, bahasanya) apapun yang gw kerjain, selalu abis. Iya sih, kadang duit itu gw beliin sesuatu yang gw perlu tanpa minta duit tambahan ke ortu, misalnya HP. Tapi, gw ga pernah berhasil punya tabungan kalo ga pengen beli sesuatu, selalu abis buat makan-makan atau belanja (baca: About). Huh, kapan gw bisa jalan-jalan keliling dunia kalo gini? Hihihi..
  5. Be a better team player and leader
    Gw sadar kalo gw orang yang sangat individualis. Ditambah dengan perfeksionis, I became a very bad team player. Gw kadang marahin temen-temen gw kalo tugas mereka ga beres. Mungkin kerjaan kelompok gw bisa bagus dan semua orang kerja dengan cara ini, tapi gw bakal ga disukai banyak orang. Gw pernah punya atasan yang sering marahin gw secara terbuka, even if I didn’t do my mistake on purpose, dan gw ga suka digituin. So, I have to learn how to manage people better, misalnya, daripada marah-marah dan akhirnya ngerjain tugas bagian mereka karena udah mau deadline (iya, gw separah ini), mendingan gw ngingetin mereka lebih awal (jauh dari deadline) dan lebih mempercayakan tugas itu ke mereka, juga dengan ngasih reward kalo mereka udah kerja dengan baik. But still, gw emang ga suka orang-orang gaji buta kalo ngerjain tugas, enak aja kagak cape dapet nilai. Jadi, gw ga bakal membiarkan diri gw maupun orang-orang yang kerja bareng gw gaji buta, ha!
  6. Write more often & concise and read faster
    Ini dia nih, baru awal taun udah dilanggar:mrgreen: Kalo taun kmaren gw berhasil punya aktif kembali blogging, skarang gw pengen bisa posting lebih sering dengan isi yang lebih ringkas. Bisa diliat dengan posting new year resolutions gw yang tanggal 8 Januari dengan isi yang panjang ini, kalo gw kudu lebih berusaha menuhin ini. Gw juga sering menghabiskan waktu terlalu lama buat baca, bukan karena banyak yang gw baca, tapi karena gw bacanya lama, huhu. Jadi, gw kudu latian baca cepet, deh.
  7. Enjoy my relationship status๐Ÿ˜‰
    Karena gw baru putus beberapa bulan lalu, skarang gw single, dong. And I have to move on! Gw ga menargetkan kudu dapet pacar taun ini, toh gw gak berencana nikah taun ini, kok. Lagian, kalo soal beginian ditargetin, ntar stres sendiri. Eh, tapi kok jadi ngiri sama pasangan”, jadi pengen punya pacar๐Ÿ˜€ Pokoknya, kalo ketemu orang yang cocok sama gw, I have to keep him as I can. Gw udah belajar banyak dari hubungan” gw yang gagal, jangan sampe gw ngulangin kesalahan” yang sama. Jodoh emang di tangan Tuhan, tapi manusia juga harus usaha kan? Hehehe…
  8. Take care of my body and beauty
    Gw merasa udah berhasil menjaga tubuh gw dengan baik. Nah, tantangannya biasanya pas lagi banyak tugas, apalagi semester 6, kudu tetep dijaga. Ini nih yang pengen gw tahan: olahraga minimal 3x/minggu (cuma 2-3 jam seminggu, kok), tidur minimal 4 jam pas weekdays, 6 jam pas weekend (ga muluk2 kan buat semester 6?), makan buah dan ngurangin makanan berpengawet, pake kondisioner, lotion, dan parfum tiap hari, sama sebulan sekali creambath dan manicure+pedicure di salon, haha. Semoga gw ga sakit sampe bed rest lagi kayak awal taun lalu. Alhamdulillah, abis itu gw jarang sakit, biarpun flu, tapi sempet kena penyakit” aneh macam sakit mata yang kudu diobatin ke Cicendo dan mata ikan (yang sampe skarang blom sembuh). Kalo dah sakit gitu, kerasa banget deh betapa berharganya kesehatan kita.

    Hal-hal di atas kan general banget, then what exactly do I want to do in 2008? Ga muluk-muluk sih, cuma ini, kok:

    1. Menambah skill di bidang IF. Gw ga mau jadi mahasiswa yang grade-oriented, padahal ga bisa apa-apa. IP gw emang kecil, tapi karena dulu gw gak bisa apa-apa, wajar lah. Gw masuk IF karena gw suka komputer, bukan ikut-ikutan atau disuruh ortu, so I feel that it’s something I like to do, tinggal ngilangin rasa malesnya aja. Jadi, gw pengen lebih memperdalam ilmu gw, syukur-syukur kalo bisa naikin IP๐Ÿ˜€
    2. Mulai mikirin & ngerjain tugas akhir (TA). Haha, semester 6 aja blom? Lho, tapi ini yang mau dikerjain di 2008, kan? Pengennya sih mulai ngerjain TA pas ntar semester 7, entah sambil udah ngambil SKSnya apa blom. Pokoknya jangan sampe mulainya nunda”, kalo gitu selesainya kapan? *no offense to anyone, ya*
    3. Membawa Indonesia menang kompetisi Software Design di Imagine Cup 2008. Wah, ngimpi banget nih, ngewakilin Indonesia aja blom tentu. Pokoknya, gw & team gw sedang berusaha sebaik mungkin buat meraih ini. Big things start from dreaming, right?:mrgreen:

    See? Gw tau hal-hal yang pengen gw kerjain, tapi yang jadi masalah gw justru cara mencapainya, makanya gw butuh melakukan 8 hal di atas. So, keep your New Year Resolutions, everyone! ^^;

    3 Responses to "Belated New Year (or even Lifelong?) Resolutions"

    whoa, and I once heard that one secret of happiness is ‘expect less, get surprised then’. has its own righteous side, perhaps.๐Ÿ˜€

    ah, anyway.

    5. Be a better team player and leader

    […]

    …wow. so we share common sense towards that matter. including that ‘brutally honest’ point of view.๐Ÿ˜ฏ

    ah, anyway. happy (belated) new year for you.๐Ÿ˜‰

    hihi.. gw lebih milih untuk ‘expect properly, get satisfied then’.. daripada ‘expect less, get surprised then’.. in my stupid opinion, hal itu terdengar pesimistis sih, hehe (padahal hal itu yg sering gw lakukan -__-“)..

    dan gw lebih pilih untuk merasa ‘satisfy’ lebih sering daripada ‘surprise’ yang jarang.. kalo bisa….๐Ÿ™‚

    ~hehe.. maaf ya La.. arya ngalor ngidul ga jelas..

    @yud1 & rabindra: wah, kalian jadi diskusi di blog gw๐Ÿ˜› Hm, gw sendiri biasanya ‘expect properly or higher’, biar semangat. Kalo gagal ya, nasibnya bukan gitu kali ye, yang penting kan udah usaha..

    @yud1: yeah right, we’re so ‘brutally honest’:mrgreen:

    Leave a Reply

