LAlapsambEL and the City

Home-made Pizza

Posted on: November 9, 2007

Tadi sore, gw akhirnya masak (lagi). Kali ini, menu yang gw coba buat adalah pizza. Knapa pizza? Hmm, sebetulnya menu yang mau gw bikin adalah apapun yang pake keju mozzarella, soalnya ni keju masih sisa setelah gw gagal masak breaded cheese beberapa hari yang lalu (>.<) Mana kejunya udah nongkrong di kulkas dari jaman sebelom Lebaran. Udah sempet berkelana ke freezer atau meja makan dalam bungkus plastiknya, karena beberapa orang di rumah gw kesulitan mengenali bentuknya sebagai keju yang ingin diperlakukan sebagaimana mestinya :mrgreen:

Nah, kebeneran pas lagi blanja di supermarket, gw liat pizza dough, jadi beli aja deh. Slain keju, bahan-bahan lainnya apa? Yang penting sih saus yang bertomat, sisanya yang ada di rumah aja. Setelah puas ngacak-ngacak kulkas & freezer, akhirnya terpilihlah bahan-bahan berikut untuk bikin pizza:

  • Pizza dough/roti pizza
  • Saus taco
  • Keju mozzarella
  • Bawang bombay
  • Sosis
  • Nugget

Sebenernya sih, saus taco kurang pas, karena sebenernya itu saus buat masakan Mexico, bukan Italia. Tapi yang ada di rumah cuma itu, sama-sama tomat, ga apa-apa lah. Kalo kalian mau bikin, mending pake saus spaghetti, lebih murah dan lebih deket sodaraannya sama pizza😛 Nah, setelah sibuk memenuhi adonan pizza dengan semua topping di atas, jadilah pizza yang siap dibakar:

Pizza sebelom dibakar

Bisa diliat keju yang bertumpuk banyak di atas pizza, sampe nutupin topping lainnya. Pas bagian numpuk-numpuk topping ini emang biasanya kita pada nafsu, mentang-mentang bikin sendiri, banyaknya topping juga jadi bisa seenak jidat. Jadi kudu rada hati-hati numpuknya, jangan sampe ada topping yang ga kebagian tempat dan berakhir di tempat sampah. Kan kasian, mereka bisa ngiri sama topping lain yang berakhir di perut kita.

Abis itu, pizzanya dimasukin ke dalam oven yang udah dipanasin (pre-heat) , trus bakar selama kira-kira 5 menit. Di sini kudu hati-hati juga, jangan sampe kejunya gosong. Kalo gw tadi sih ga sampe gosong, tapi meleleh sampe keluar batas adonan, kebanyakan sih, hahaha. Oya, kalo ga punya atau males pake oven gede, bisa pake over toaster, gw juga pake itu. Kalo yang ada pengatur suhunya, atur ke 175 derajat. Kalo ga ada? Yah, mainin waktunya aja. Oven gw juga ga ada pengatur suhunya, kok😉

Pizza yang udah dibakar

Setelah dibakar sesuai aturan (ya, ini bagian tersulit dari bikin pizza), maka bisa diliat kalo pizza jadi mateng (dan haruuum). Kejunya juga meleleh, jadi topping lainnya bisa keliatan. Rotinya juga harusnya jadi agak keras/renyah. Nah, kalo udah gini, pizza bisa langsung dimakan (pastinya setelah suhu pizza dan suhu lidah bisa bersahabat).

Kalian mungkin mikir, apa sih enaknya bikin pizza sendiri? Kan repot, mending beli. Ga repot, pasti enak, lagi. Buat kalian yang pelit senang berhemat padahal suka makan enak, bikin sendiri makanan favorit adalah cara yang paling tepat untuk memuaskan nafsu, lho. Coba kita hitung biaya pembuatan pizza gw ini:

  • Rp 3250 (adonan pizza)
  • Rp 2500 (keju mozzarella. Rp20.000 segepok, pake 1/8nya aja)
  • Rp 1750 (sosis 1 biji, nugget 1 biji)
  • Rp 1000 (saus+bawang bombay)
  • Rp 8500 <– TOTAL

Masih terasa mahal? Yah, namanya juga makanan enak😀 Nggak deng, maksud gw, coba bandingin dengan harga pizza berukuran serupa buatan restoran. Yang paling murah tuh Rp11.000 (termasuk pajak). Itu pun toppingnya cuma sederhana dan dikiiiit banget. Kalo pizza gw di atas dijual restoran, mungkin harganya jadi sekitar Rp16.000, nyaris 2 kali lipat harga bahan-bahannya. Sementara itu, kalo bikin sendiri toppingnya bisa ditambah sebanyak yang kita mau. Hahaha, untung besar kan?😉

Jadi, ada lagi yang mau coba bikin pizza sendiri? Jangan lupa bagi-bagi ke gw yah, hehehe…

19 Responses to "Home-made Pizza"

mau dong! upload ya..!😀

I am hungry.

aku ga nyangka ella jago masak,,
sering2 aja masukin resep masakan la..
ato jadiin aja blog resep sekalian..
huihuihui..

Wew, ada toh keju yang namanya keju mozzarella madanella dwi mustika… Haha…

Nyammm
Wah, jago masak rupany…

ko gambarnya ga menarik la..
ni produk gagall ya…
bawa-bawa dong ke kampus…

lah? pizza koq pake nugget?

look so yummy..
mau nyoba dunk la..
bawa ke kampus dunk..

@benbego: apaan yang mau di-upload? wish we can share a pizza over the Internet?😉
@coollikeme: when reading this post? sure u do..
@uchenk: iya nih.. apa gw bikin blog khusus makanan aja ya?
@reisha: jadi, ella = keju?😀
@restya: haa.. jadi malu. *padahal banyak masakan gagal yang ga dicritain*
@jalansoresore: ye, produk gagal kok minta?
@roberto: blom pernah denger Chicken Fiesta dari Pizza H*t?
@cinotbelenot: haha… ok2.. kapan2 gw bawa deh. Kalo perlu nitip BRT:mrgreen:

Apa? Nama lo ganti jadi Ella Mozarella? Sejak kapan La? (autis mode)

wew, keren
dulu daku pernah nyoba bikin pizza sendiri cuma gak pake bahan2 di atas, jadinya gak mirip pizza malah mirip martabak telor hahaha

duh.. jadi laper ni..
enak kali ya kalo pizza nya bisa dicopy paste.. huehehe..

ehm..
bole donk, kapan2 gw maen kesana trus nyicip.
hahaha!

Ella !! gile lo, masih soal makanan aje ya seputaran lo,, hehhehe.
bu apa kabar?? foto lo masih yang dulu2 aja, kayaknya telalu naif untuk Ella yang sekarang, hehehhe…
cie,,, kapan liburan la ?? kabar2 i kita yaaaa

@mistervandy: wiii… wa.. hua… mo.. mozarella.. *autis mode reply*
@Ray: lah, kok jadinya jauh banget? martabak telor kan ada kulitnya😯
@rabindras: mau bikin komputer rasa pizza? mauuuu!!!😛
@stef: boleh2…
@Kiki: hihihi, iya nih, gw masih suka makan aja, sih. sip2… ntar ktemu deh kalo gw ke jakarta😉

hai,keliatannya enak banget tuh.enak kali kalau bisa bikin sendiri pizza dirumah karena saya juga salah satu penggemar pizza nih.saya mau tanya nih kalau keju mozzarela nyarinya dimana,saya baca diatas segepok cuma Rp 20.000. saya udah cek harga di supermarket rata2 harganya bisa mencapai 60rb lebih.
tolong donk kasih infonya.thank u ya

@lilys: oh, saya belinya antara di Hypermart, Carrefour, atau Yogya supemarket. Yah, di Bandung, sih. Tapi harusnya di tiap kota kan sama. Di sana udah dipotong-potongin dan dibungkus per sekian ratus gram, tinggal ambil ukuran yang kita mau. Selamat masak!😉

thank u atas infonya ya

assalamualaikum….
aku lagi survei harga-harga bahan bwt pizza itu brp za y…?
tlng donk kasih tau,,,soalnya aku lagi ada tgz nee dr kampus…
makasi y…
klo da kirim za lwt email aku…
hatur nuhun

Leave a Reply

