LAlapsambEL and the City

Go Blog! Nulis kata ‘go & blog’-nya dipisah, ya ^_^

Posted on: November 7, 2007

Posting ah… Udah lama nggak posting, padahal ga ada kerjaan juga. Kali ini, gw mau ngebahas soal ‘nulis blog’. Sebetulnya sih, udah agak lama mau nulis tentang ini, ternyata ada juga yang menulis hal yang mirip. Kalo Bu Reisha di blognya bilang bahwa dia pengen nulis blog tapi ga ada topik, gw justru sebaliknya. Gw sering banget nemuin hal-hal yang pengen gw tulis, langsung ketika gw sedang membaca atau mengalami suatu hal. Misalnya, gw jalan-jalan ke tempat baru, biasanya gw foto-foto, sambil mikir: ntar taroh di blog ah. Atau gw naik angkot terus kesel ama angkotnya, mikir juga: ntar cerita di blog, ah. Dan banyak lagi hal-hal yang sering gw pikirin untuk gw masukin ke blog. Sekarang aja misalnya, gw udah ‘posting di otak’ tentang hal-hal berikut: Jalan-jalan ke kota Jakarta lama, MTC, All About Strawberry, tentang angkot, salon, kecantikan, masakan-masakan gw, hubungan Indonesia-Malaysia, aplikasi HP, desktop widgets, dll. Wah, banyak banget kan? Cuma entah kenapa, begitu gw menyentuh keyboard komputer, hal-hal yang udah ada di otak tadi sering ga sampe ke jari, yang ada malah baca-baca terus, entah baca-baca website yang cukup berbobot, milis segala rupa, blogwalking, sampe baca profiles orang-orang di Friendster/Facebook:mrgreen:

Mungkin ya, kebiasaan ini muncul dari kebiasaan ‘lebih suka menerima daripada memberi’. Membaca itu seperti cuma menerima, sedangkan menulis itu seperti memberi. Kayaknya kebiasaan ini juga banyak berkembang di Indonesia, deh. Jadi orang yang lebih konsumtif daripada produktif. Wah, padahal ini kan kebiasaan yang harus diubah. Makanya, gw coba mengubah itu mulai dari sini. Orang yang menulis bisa punya banyak motif, tapi yang pasti, orang yang menulis dengan maksud baik adalah orang yang suka memberi dan nggak egois, karena dia mau membagi pengetahuannya ke orang lain🙂

Kebiasaan ini mungkin juga muncul karena otak gw udah mikir kalo gw cuma punya waktu sebentar, jadi ga sempet nulis 1 post. Ini juga kebiasaan yang bikin postingan gw jarang-jarang dan panjang. Soalnya gw kalo udah nulis susah berhenti, ada aja yang mau ditambahin, perfeksionis lah. Makanya kmaren pas UTS kuliah Penulisan Karya Ilmiah (Academic Writing), gw keluar paling belakangan. Dan hampir selalu begitu setiap gw nulis.

Kalo diinget-inget, kebiasaan posting jarang-jarang tapi panjang ini mulai muncul sejak gw nge-blog tentang hal-hal yang gw alami waktu ikut pertukaran pelajar di Amerika. Kalo mau liat blog gw jaman dulu, coba kunjungin http://lalapsambel.pitas.com dan http://lalapsambel.blogspot.com. Di blog yang pertama, bisa diliat postingan-postingan pertama gw yang cuma dikit-dikit. Wah, kalo diliat lagi, gw masih lucu nan lugu sekali waktu itu, hahaha. Yup, kedua blog itu adalah ‘kakak’nya blog ini. Gw pertama kali nulis blog tahun 2003, waktu kelas 2 SMA. Waktu itu sih, cuma ikut-ikutan demam internet & blogging aja, dan kayaknya tulisannya ga seru dibaca orang lain selain gw. Isi blog gw baru mulai (cukup) menarik pas gw nulis tentang kehidupan gw sebagai pelajar pertukaran itu. Nah, sejak itu sampe skarang, gw berniat bikin tulisan yang bermanfaat, entah menghibur, menginformasikan, apa pun yang berguna buat orang yang baca lah, makanya tulisannya jadi panjang-panjang. Pengen deh, nulis blog lebih sering, tapi ga usah panjang-panjang. Ntar yang baca bosen. Iya, kan? Harus dibiasain, nih. Go Blog!😉

4 Responses to "Go Blog! Nulis kata ‘go & blog’-nya dipisah, ya ^_^"

Go dan Blog dipisah = NotAGoblog

Gw sama kaya Ella, sering banget kalo gw lagi jalan-jalan atau ngobrol ama orang, trus tiba2 kepikiran judul Blog. Tapi, pas udah mulai nulis, ide itu pelan-pelan buyar.. Makanya draft gw di blog lumayan banyak, hoho..

Hoho… aku bukan ibu-ibu…

Sebenarnya siy bukannya ga ada topik, ada siy beberapa topik yang pengen ditulis, cuma ya itu, susah aja mengembangkannya jadi tulisan… Ada kekhawatiran juga kalau ntar salah-salah nulis, atau topiknya udah basi, atau … Ntah lah… Padahal dulu gampang banget nemu topik buat di post di blog…

@ibun: Betul”… tapi kalo gw draft di blognya bahkan blom ada. Kalo udah nulis trus ga diterusin malah nanggung rasanya, mendingan ga nulis skalian kalo ga niat😛

@reisha: Yah, kan beberapa taun lagi jadi ibu-ibu juga?😀 Iya nih, gw juga suka takut salah nulis atau keburu basi😦

Salam kenal Mbak… Tetap semangat dengan “Go Blog” nya ya… Share your love…

Leave a Reply

