LAlapsambEL and the City

From Stone Fruit to Stone Cafe

Posted on: July 16, 2007

(Baca: dari Buah Batu ke Dago atas)

Hola! Gw balik ke Bandung lebih cepet dari rencana, yaitu Minggu kmaren. Knapa? Karena gw penasaran pengen ikutan farewell party AFS Chapter Bandung. Jadi, rencana gw hari Senin ini (bikin lagi SIM yang ilang bareng dompet gw) diundur ke Jumat, deh.

Masalahnya, pada hari Minggu itu gw blom pesen travel, tapi gw nekat aja dateng ke XTrans dan waiting list di situ (karena pesenan udah penuh). Gw dateng jam 10 kurang, berharap bisa ikut yang jam 10. Ternyata, yang jam 10 penuh, sodara2! Arrghh! Untungnya, ada yang jam 10.15, tapi di Bandung bukan sampe di Cihampelas, tapi MTC. Gw pernah sih ke MTC, tapi cuma sekali, itu pun naik mobil sama tante gw. I’ve no idea where it is exactly in Bandung or angkot apa yang lewat situ. Whatever, yang penting gw sampe Bandung cepet!!!

Sampe di Bandung, mobil ini keluar dari tol Buah Batu, di mana daerahnya gw gak kenal sama skali. Tapi, gw bisa nge-spot angkot Sederhana-Cipagalo via Buah Batu, yang seinget gw, lewat Jalan Sunda yang gw kenal. Merasa bisa pulang, gw santai aja, dong. Sampe di perempatan, loh kok mobil travelnya belok? Kata feeling gw sih, mending turun disitu aja, jadi tanpa nanya siapa2, gw ikutan turun pas beberapa penumpang lain turun di perempatan itu.

Dari situ, gw percayakan nasib gw ke sopir angkot itu setelah nanya, “Sederhana, mang?” biarpun gw gak ngerti rute ni angkot lewat mana aja. Akhirnya.. hore! Gw sampe di Jalan Karapitan yang gw kenal:mrgreen: Setelah ngeliat angkot Kalapa-Dago, gw baru sadar kalo ini angkot yang kudu gw naikin untuk sampe ke kantor AFS di deket Dago Tea House, di mana gw janjian sama anak2 lain sebelum ke tempat Farewell Party yang sebenernya-rumah Vivien, deket Stone Cafe (well, lewat situ lah pokoknya. Emang judul postingan ini rada maksa ^^; ).

Singkatnya, gw sampe di Simpang Dago lumayan cepet. Tumben mobil Jakarta ga bikin macet Minggu siang gini😛 Di sini, 3 orang turis bertampang Asia Timur masuk ke angkot gw. Berhubung muka gw manis dan bersahabat *bawa tempat sampah buat yang mual*, mereka nyapa gw dan ngajak ngobrol. Begini kira2 percakapan gw (dengan ucapan gw yang slow motion biar ni turis2 gampang nangkep, plus pikiran gw dalam kurung)

Turis (entah yang A, B, C): Hai. Selamat siang.
Gw: Selamat siang.
Turis: Sheraton?
Gw: Ya, lewat Hotel Sheraton.
Turis: Jauh dari sini?
Gw: Tidak, tidak. Dekat, kok. Kalian bisa Bahasa Indonesia?
Turis: Ya, bisa. Sedikit.
Gw: Oh, sudah berapa lama di Bandung?
Turis: 1 minggu
Gw: (Canggih euy, baru seminggu udah jago). Kalian dari Jepang? Japan?
Turis: (Bingung, trus nanya ke temennya) Tidak, Korea. Kamu tinggal di dekat sini?
Gw: (Iseng, ngetes B. Inggrisnya, ah:mrgreen: Biasanya East Asians English-nya ga gitu bagus). Yes, I’m a student in ITB, just over there (nunjuk ke arah ITB kira2). So, how long are you going to stay here?
Turis: (Bingung)
Gw: (Ha! Bener kan, mending pake bahasa Indonesia aja😛 ) Saya pelajar, mahasiswa (pake gesture nulis di telapak tangan), student, di I-Te-Be, di sana (nunjuk lagi)
Turis: Oh, dekat Kebun Binatang?
Gw: (Sedikit kecewa, jangan-jangan dia udah ke Bonbin tapi blom ke ITB) Ya, ya!
Turis: Kami Padjadjaran (Maksudnya, mereka anak Unpad? Exchange/International Program,gitu? Gw gak gitu ngerti bagian ini). Bisa minta nomor telepon? We want to make friends (Loh, ini bisa B. Inggris?)
Gw: Kalian masih lama di Indonesia? (Jual mahal dulu, dong😉 )
Turis: Ya, 4 bulan! (Waw, masih lama. Boleh, lah kasih nomer. Untung di angkot mereka ketemu cewe baik hati seperti gw, bukan preman yang nyeremin)
Gw: (Nulis nomer di HP gw. Kasian kalo dibacain, ntar salah) Eh, ini Hotel Sheraton. Kiri-kiri!
Turis: Oh, OK. Thank’s. Sampai ketemu! Bye!
Gw: Bye!

Sayang, jarak Simpang Dago-Hotel Sheraton tuh deket. Cuma bentar deh ngobrolnya😦 Tapi yang penting kan gw udah nunjukin keramahan sama turis asing, biar Indonesia diinget dengan keramahan orang2nya🙂

9 Responses to "From Stone Fruit to Stone Cafe"

tu turis palingan mahasiswa exchange student dari korea yang lagi kuliah sastra indonesia di unpad..

Dulu temen kosan gw juga ada tuh. Jangan2 dia lagi? Tampangnya kayak apa? Namanya siapa? hehe

ellaaa.. gw baru tau lo punya blog, hehehe.. namanya sedap la,, gw add di blogroll gw yah..

*komen yg ga nyambung😀 *

akhirnya lo nyoba juga strategi gw, la.. (nekat dateng ke xtrans tanpa pesen dulu & masuk waiting list) hehehe..

oo… tau tuh,, mahasiswa sastra indonesia unpad tuh.. Banyak juga yah yang pertukaran pelajar n ngambil sastra indonesia. hehehe…

kenapa lalapsambel? g sambalado, lebih enak lho… Hehehehe…

tambahin gw ke blogroll lo yak!

haha, on my flight back to singapore the last time, aku juga ketemu orang (cewe) korea, kerja jadi marketing di JW Marriot, cantik euy, and we exchanged number as well (which I cannot remember where I put it)😀

serius loh, secantik yang biasa kuliat di film” korea, mantab lah..

kasian juga tuh, sempat rada tersinggung waktu aku ngomong” soal JW Marriot Jakarta yang kena bombing incident back then..

ito: kayaknya yang gw ketemu anak baru deh, baru 1 minggu di bdg
ume: hehe, add aja🙂
indah: iya, tapi gw nyaris ga keangkut kalo ga ada yg ke mtc😦 strateginya gagal tuh kalo hari minggu!
ito+paw: keren juga ya, banyak yang belajar b. indonesia😉
reza: kalo yang cantik2 inget aja😦

ternyata turis dudut itu lebih tau kebun binatangnya daripada mahasiswanya yang pinter2, ganteng2, baik hati dan tidak sombong!

wakakaka

Stef: lah, ITB sendiri kan udah kebun binatang. Kucing dan anjing berkeliaran dengan tenang di dalam kampus, burung2 bebas berak di depan kampus, kuda2 juga. Ditambah tikus yang beberapa minggu kmaren sempet liburan di Lab KK IF. Pantes mahasiswanya ga tau kebun binatang tetangga yang lebih bonafide😀

aku juga pernah kenal mahasiswa korea (ada beberapa orang). kami tukeran email, bukan no telepon :p. waktu itu mereka masih ngambil kursus bahasa inggris di manila, dan kebayanyakan dari mereka mau kerja diluar korea, seperti di asutralia dan eropa. tapi mereka lumayan juga tuh, cepet banget belajar bahasa inggris, soalnya rata2 dari mereka tuh baru belajar bahasa inggris sekitar 2-3 bulanan tapi udah lumayanlah, kaya anak smp/sma disini😛.

Leave a Reply

